Tahapan pembuatan software


Pre-Alpha

Pada tahap inilah software dibangun. Biasanya (karena masih tahap awal) Pre-Alpha memiliki fitur yang amat minim. Sehingga software pada tahapan pre-alpha bisa dikatakan masih mentah, belum bisa digunakan. Pada tahap ini dilakukan persiapan-persiapan sebelum diadakan pengujian software pada tahap selanjutnya.



Alpha

Pada level ini, software telah siap untuk diuji, biasanya yang menguji adalah ahli software dari perusahaan lain. Namun terkadang, software juga diujikan kepada publik (tetapi masih dalam lingkup yang terbatas, biasanya perusahaan pembuat software) yang memungkinkan penggunaan lebih luas untuk feedback yang lebih banyak.



Beta

Beta adalah sebutan untuk software yang telah lolos tes Alpha dan telah dirilis kepada publik (yang lebih luas) untuk dilakukan pengujian software sebeleum software tersebut resmi dirilis. Beta adalah prototip dari software yang akan dirilis. Pengujian pada tahap Beta oleh para pengguna memungkinkan pengguna untuk memberikan umpan balik jika terjadi malfungsi kepada pengembang software. Beta masih tidak stabil dan dapat menyebabkan crash atau kehilangan data.



Release Candidate

Release candidate adalah versi software yang telah diuji melalui Beta testing berulangkali sampai akhirnya siap untuk dirilis. Namun, pengujian masih dilakukan, dengan cara menggunakan software tersebut seolah-olah adalah produk jadi yang telah ‘matang’. Ketika ditemukan error, maka dilakukanlah perbaikan lagi.



Software Release



RTM (Release To Manufacturing atau Release To Marketing – Going Gold)

RTM digunakan sebagai indikasi bahwa software telah memenuhi tingkat kualitas yang diharapkan dan siap untuk didistribusikan secara massa baik melalui media elektronik maupun media fisik. RTM tidak sebenarnya berarti bahwa software telah dirilis kepada publik, tetapi ‘dirilis’ kepada produsen untuk persiapan pra-instalasi atau penyesuaian software terhadap hardware serta penyesuaian pengaturan. Pengiriman software dari perusahaan software biasanya menggunakan master cakram (CD) emas yang kemudian akan digunakan untuk menduplikasikan software.

GA (General Availability)

Adalah saat dimana segala kegiatan komersialisasi yang dibutuhkan telah selesai dilakukan dan software telah siap untuk dipasarkan kepada publik melalui media fisik maupun elektronik.



Software Versioning

Kita tahu bahwa setiap waktu selalu ada perkembangan-perkembangan software, seperti penambahan fitur, koreksi error, dsb.



Untuk membedakan antara software yang lama dengan yang telah diperbaharui, perlu adanya software versioning atau penomoran software. Angka-angka seperti 1.2.5 atau 10.3.5 adalah contoh dari software versioning.

blog comments powered by Disqus