Sistem pengoperasian

Sistem pengoperasian Laptop dan Dekstop: Dos, Macintosh, dan Windows.

Dos adalah sebuah sistem yang sudah lama. Dos (Disk Operating System) adalah System yang bisa dibilang buatan pertama yang diproduksi oleh Microsoft. Pada tahun 1982 didesain oleh IBM PC. Sebagai PC DOS. Kemudian Microsoft menciptakan sebuah sistem yang sama ke komputer lain yang memakai MS-Dos.

Sistem operasi Macintosh (Mac OS) yang dijalankan oleh Apple Macintosh komputers. Pada tahun 1998 Apple memperkenalkan iMac Computer (“i” yang berarti Internet) yang ditambahi kemampuan2 seperti jaringan berskala kecil.

Microsoft Windows ditahun 1980an mengambil isyarat dari Kepopuleran Mac yang mudah digunakan GUI. Microsoft mulai bekerja di perusahaan Windos untuk membuat Dos lebih diterima.

Pada mula percobaan (Windos 1.0, 2.0, 3.0) kurang diminati. Bagaimana juga pada tahun 1992 Windos 3.x muncul sebagai sistem yang lebih disuka oleh pengguna PC.

(Pada dasarnya, Windows 3.x tidak mempunyai sistem pengoperasian yang penuh itu adalah lapisan yang sederhana yang melebihi Dos). Kemudian versi ini disusun ke dalam sistem pengoperasian Windows 95 yang mana disempurnakan oleh Windows 98.

Microsoft Windos 95/98 adalah sebuah sistem pengoperasian yang tetap populer. Sistem tersebut untuk desktop dan portable microcomputer, yang didukung oleh beberapa hardware dan beberapa dari software Microsoft Windows Millenium: Microsoft Windows Millenium atau Win ME (ME diartikan sebagai Millenium editor tertutup). Ini adalah sebuah keberhasilan dari Win 95/98, didesain untuk mendukung desktop dan portable komputer.

Sistem Jaringan Operasi: Netware, Windows NT/2000, Unix dan Linux. Novell Netware – PC software jaringan: Netware kepopulerannya sangat lama dari system jaringan pengoperasian koordinasi micro komputer yang didasari oleh jaringan Lokal Area (LAN) pada sebuah perusahaan dan sebuah universitas .

Windows NT dan 2000 adalah sebuah tantangan dari Microsoft Win 95 dan 98 dapat juga digunakan untuk Link PC dalam jaringan yang kecil dalam rumah dan kantor2. Windows NT (NT diartikan sebagai New Tecnology). Ketika pertama kali muncul pada tahun 1993 sistem tersebut mempunyai 2 versi, versi windows NT workstation terdapat grafik artis, engineers dan lain2. Versi Win NT server didesain untuk berbagai macam pengguna dalam jaringan yang bersama-sama.

Windows XP: Win XP, yang lebih dulu diberi nama Whistler adalah Microsoft yang baru (OS) yang dikombinasikan dengan element2 dari windows 2000 dan windows ME dan GUI yang baru.

Unix, solaris dan BSD pertama kali dimunculkan dalam Internet: Unix telah dikembangkan oleh AT dan T Bell Laboratories pada tahun 1969 sebagai sebuah sistem pengoperasian untuk mini komputer.
*. Linux: dimulai pada tahun 1991 ketika programmer Linus Tolvalds dari lulusan Finlandia, penemuannya adalah free linux adalah sebuah sistem operasi yang ada diinternet. Linux adalah versi bebas dari Unix dan hasil pengembangan yang lebih lanjut dari usaha 10000 programer relavan.

Sistem operasi untuk handhelds: Palm OS Win CE/Pocket PC.

Palm OS pada tahun 1994 Jeff Hawkins mengambil bagian dari kayu mahoni dan lapisan kayu ke dalam garasinya dan muncul sebuah bentuk asli untuk Palm pilot.

Windows CE/Pocket Pc, Microsoft Windows untuk handhelds: pada tahun 1996 microsoft merilis Win CE, sekarang lebih dikenal sebagai pocket PC, versi kecil dan tipis dari Windows untuk handhelds parlengkapan untuk menghitung.

blog comments powered by Disqus